ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS DI SMK NEGERI 2 LOTU

Authors

  • Damai Sabari Zega Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18914

Keywords:

Analisis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi adanya masalah motivasi belajar siswa yang  kurang dalam proses pembelajaran matematika. Rendahnya motivasi belajar siswa ini akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Lotu dan (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi matriks di SMK Negeri 2 Lotu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan  metode  penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Lotu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, dan wawancara.  Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa enam indikator motivasi belajar tergolong dalam kategori motivasi tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 71,65%. Berdasarkan data hasil angket dari 16 subjek penelitian, motivasi belajar tergolong menjadi tiga tingkatan yaitu 1) motivasi belajar sedang dengan persentase 25% sebanyak 4 siswa, 2) motivasi belajar tinggi dengan persentase 68,75% sebanyak 11 siswa dan 3) motivasi belajar sangat tinggi dengan persentase 6,25% sebanyak 1 siswa. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh dari hasil analisis data pencapaian tiap siswa dengan rata-rata hasil belajar 65,44 termasuk dalam kategori sedang.

References

Atis. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 8.(2), 310-319, diakses pada 24 November 2021).

Ayu, Citra. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA N 1 X KOTO Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 11(74), 1-6. (https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/70, diakses pada 9 Desember 2021).

Baety, D. N dan Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3), 880-889. (https://edukatif.org/index.php/edukatif/ article/view/476, diakses pada 29 Oktober 2021).

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Fantriadi et al. (2021). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3(2), 56-61. (https://jounal.universitaspahlawan.ac.id/index. php/jpdk/article/view/1752, diakses pada 29 Oktober 2021).

Fauzan, G. A dan Aripin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. X(X), 17-24. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article /view/2385, diakses 25 Februari 2022).

Hilmiatussadiah. 2020. Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. 1(2), 67-71. (https://ejounal.upi.edu/index.php /JPEI/article/view/26697, diakses pada 8 Agustus 2023).

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam. 1(1), https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkawarizmi/ article / view/1729, diakses pada 27 Januari 2022).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nasrah dan A. Muafiah. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 03(2), 207-213. (https://journal.unismuh.ac.id/ index.php/jrpd/article/view/4219/2854, diakses pada 30 Oktober 2021).

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rahmasari. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD MUhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 04(2), 158-168. (http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnalinventa/aricle/view/2609, diakses pada 29 Oktober 2021).

Sagala, T dan Siregar N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Belajar Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Parbuluan. Jurnal Bersama Literasi Sains Indonesia. 1(1). (https://journal.yp3a.org/index .php/mudima/article/view/61, diakses pada 30 Oktober 2021).

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Susanti, Lidia. (2019). Strategi Pembelajran Berbasis Motivasi. Jakarta : Percetakan PT Gramedia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online). (https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan /UU_tahun2003_nomor020.pdf), diakses pada 27 Oktober 2021.

Tokan, M. K dan Imakulata, M. M. (2019). The Effect of Motivation and Learning Behaviour On Student Achievement. 39(1), 1-8. (https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510, diakses pada 8 Agustus 2023).

Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Syachtiyani, W. R dan Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1), 90-101 (https://ejournal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/ view/878, diakses pada 27 Oktober 2021).

Yulianingsih. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 1138-1150. (https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/740, diakses pada 29 Oktober 2021).

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Zega, D. S. ., & Mendrofa, R. N. . (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS DI SMK NEGERI 2 LOTU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 275–282. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18914