PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS SCIENTIFIC PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP SWASTA BNKP MARANATA

Authors

  • Dedi Putra Waruwu Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18714

Keywords:

LKPD, Pendekatan Scientif, Sistem Pernapasan Manusia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kurangnya penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) di SMP Swasta BNKP Maranata yang mengakibatkan peserta didik kurang terampil dalam melakukan percobaan dan berkurangnya ketertarikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD IPA berbasis pendekatan Scientific pada materi sistem pernapasan manusia untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penilaian terhadap LKPD menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid dari segi materi, bahasa, dan desain. Selain itu, LKPD ini juga dinilai sangat praktis dan efektif untuk digunakan oleh siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan berhasil memenuhi tujuan dari penelitian ini.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Mardapi, Djemari, Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, Yogyakarta: Mit. Cendikia Prss, 2008.

Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohmatus Syafi’ah (2016), PENGEMBANGAN LKS IPA SMP KELAS VII BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA. Jurnal Dedikasi.

Salikha (2015) melakukan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) IPA berbasis pendekatan scientific untuk melatih keterampilan proses sains siswa SD/MI kelas IV.

Suryabrata, Sumadi, 2006. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tegeh Made., Jampel. Nyoman., Pudjawan. Ketut. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zahary, Masrurotu. 2017. Pengembangan LKPD Menggunakan Pendekatan Multikultural Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Sosial Siswa. Tesis. FKIP Unila: Tidak Diterbitkan.

Zuriah, Nurul, Yusuf, dkk. 2016. Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Vol. 13, Mei 39-49. Universitas Muhammadiyah Malang: Jurnal Dedikasi.

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Waruwu, D. P. ., & Telaumbanua, D. . (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS SCIENTIFIC PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP SWASTA BNKP MARANATA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 603–613. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18714

Most read articles by the same author(s)