PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Sadiana Lase IKIP Gunung Sitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1694

Keywords:

Pengaruh, Realistic Mathematic Education, Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Hiliserangkai Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIC. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan pemahanan konsep. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME sama dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep siswa berkemampuan awal sedang dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Author Biography

Sadiana Lase, IKIP Gunung Sitoli

Program Studi Pendidikan Matemtaika, IKIP Gunung Sitoli

References

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Eksakta, 1(1): 1-7. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49.

Amrullah, A. L. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Soal Cerita Tentang Himpunan Di Kelas VII MTSN Palu Barat. Jurnal Eleketronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 1-11.

Asma & Lubis, M. S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Mts. Al-Ilhamiyah Sidomulyo menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Sub Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Ajaran 2016/2017. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 6(1): halaman. 1-12. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/759.

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, Ishak. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science, 1(8), 50-65.

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga BONGPAS. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1): halaman. 14-20. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2280.

Fajra, M., Suparno, Sukardi, Ambiyar, Novalinda, R. (2020). Project-Based Learning Innovation To Improve The Suitability Of Productive Competencies In Vocational School With The Needs Of The World Of Work. International Journal Of Multi Science, 1(8), 1-11.

Jarmita, N. & Hazami. (2013). Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2013, 13(2), 212-222.

Karaca., Yetim, S., & Ozkaya, A. (2017). The Effects of Realistic Mathematics Education on Student’s Math Self Reports in Fifth Grades Mathematics Course, dalam IJCI, Vol.9, No.1

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

Sarumaha., Harefa, Darmawan., Zagoto, Maria M. (2018). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepgeometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas Xii-Ipa-B Sma Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discoverylearning Berbantuan Media Kertas Milimeterâ€, Jurnal Education And Development, Vol. 6, no. 1, p. 90, oct. 2018. Https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Tetiwar, T., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 302-308.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Lase, S. (2020). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 462–468. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1694