MENGENAL UBORAMPE DAN PROSESI TEDHAK SITEN SEBAGAI TRADISI MASYARAKAT JAWA DI DESA MRUWAK KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Juniva Syahira Universitas PGRI Madiun
  • Iwanda Pranika Rosti Universitas PGRI Madiun
  • Dinar Arie Pramesti Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.10110

Abstract

Tradisi merupakan adat kebiasaan turun-menurun yang berasal dari masyarakat dan masih dilaksanakan dalam masyarakat dengan cara yang baik dan benar. Tedhak siten yang merupakan tradisi masyarakat Jawa yang merupakan rangkaian dalam peristiwa kelahiran. Pada masyarakat Jawa tradisi tedhak siten untuk upacara rasa syukur keluarga terutama orang tua kepada sang maha pencipta dan anak mampu meraih cita-citanya. Tedhak siten dilakukan saat anak berumur 7 bulan dalam hitungan kalender Jawa atau setara dengan 245 hari, dan pertama kali menginjakkan kaki diatas tanah. Tulisan ini dibuat dari penelitian di Desa Mruwak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur melakukan tradisi tedhak siten dengan baik dan benar. Masyarakat Jawa sekarang banyak melakukan tradisi tedhak siten dengan cara yang lebih praktis dan modern. Hal ini merupakan adat yang sangat baik dalam mayarakat Jawa asli yang masih kental dengan tradisinya. Maka, kita sebagai masyarakat Jawa harus bangga terhadap tradisi yang menjadi warisan turun temurun hingga saat ini. Sebagai penerus bangsa, kita sudah sepatutnya melestarikan adat tersebut dengan baik dan benar agar tidak luntur dalam kehidupan kita dan dapat terus dilestarikan dan dilaksanakan.

References

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan,Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2007), h. 1208.

Nuryah, N. (2016). Tedhak Siten: Akulturasi Budaya Islam-Jawa (Studi Kasus Di Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen). Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 1(2), 315-334.

Probowardhani, D. K., & Sri Arfiah, S. H. (2016). Prosesi Upacara Tedhak Siten Anak Usia 7 Bulan Dalam Tradisi Adat Jawa (Studi Kasus Di Desa Banyuagung Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun 2016) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahayu, I., Friantary, H., & Andra, V. (2022). Analisis Bentuk, Makna dan Fungsi Tradisi Tedak Siten dalam Masyarakat Jawa di Dusun Purwodadi Desa Ciptodadi Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia, 2(3), 35-50.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Syahira, J., Pranika Rosti, I. ., Arie Pramesti, D., & Darmadi, D. (2022). MENGENAL UBORAMPE DAN PROSESI TEDHAK SITEN SEBAGAI TRADISI MASYARAKAT JAWA DI DESA MRUWAK KABUPATEN MADIUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 184–189. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.10110

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2