Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Keanekaragaman Budaya pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 6 SD Labschool UPI Cibiru

Authors

  • Euis Nur Amanah Asdiniah SD Labschool UPI Cibiru
  • Siti Fadia Nurul SD Labschool UPI Cibiru
  • Tin Rustini SD Labschool UPI Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9990

Abstract

Pendidikan    berdasarkan    pada    keberagaman    budaya    adalah pendidikan    yang membimbing  peserta  didik  untuk  untuk  peka  terhadap  lingkungan  sekitar.  Model  pendidikan yang  berlandaskan  kebudayaan  itu  sebuah  contoh  pendidikan  yang  memiliki  korelasi  untuk keterampilan  dalam  kualitas  hidup,  dengan  berlandaskan  kebudayaan  dan  kemampuan  tiap daerah. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun tempat dan waktu penelitian ini di SD Negeri Labschool UPI Cibiru. Untuk penanaman karakter pada pembelajaran khususnya pembelajaran IPS bukanlah hal yang mudah. Namun guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengintegrasikan materi yang diajarkan dengan karakter yang harus dimiliki siswa. Guru juga harus dapat menjadi teladan bagi siswanya agar dapat menjadi contoh yang baik bagi siswanya.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Asdiniah, E. N. A. ., Nurul, S. F. ., & Rustini, T. . (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Keanekaragaman Budaya pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 6 SD Labschool UPI Cibiru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10065–10070. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9990

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>