Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konseling Lintas Budaya sebagai Pendukung Pengembangan Pemahaman Siswa dalam Konseling

Authors

  • Affan Yusra Universitas Jambi
  • Rasimin Rasimin Universitas Jambi
  • Fellicia Ayu Sekonda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6001

Abstract

Konseling lintas budaya mempunyai `garis besar materi-materi yang menjadi unsur terpenting dalam yang hendak dipahami sebagai berikut: Konsep Dasar Konseling lintas budaya 1, Konseling Konsep Dasar Konseling Lintas budaya 2 Perspektif konseling lintas budaya berdasarkan pandangan teori, Kelompok-Kelompok Etik Budaya Yang Ada Di Provinsi Jambi. Adapun desain dalam penelitian ini adalah pengembangan atau yang di sebut dengan R & D yang bertujuan menghasilkan produk yang dapat meningkatkan efisiesi dan efektifitas dalam proses pembelajaran konseling lintas budaya pada program studi bimbingan dan konseling FKIP UNJA. Penelitian ini memakai model pengembangan 4- D prosedurnya terdiri dari empat tahapan: definisi, perencanaan, pengembangan dan desiminasi. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian kebutuhan bahan ajar mahasiswa secara fisik buku berada dalam kategori rendah. Sedangkan dari segi kebutuhan tentang materi berada pada kategori cukup rendah. Secara umum, ketercapaian kebutuhan mahasiswa mengenai buku ajar berada pada kategori rendah.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Yusra, A. ., Rasimin, R., & Sekonda, F. A. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konseling Lintas Budaya sebagai Pendukung Pengembangan Pemahaman Siswa dalam Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3149–3155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6001

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>