Literature Review: Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9881Abstract
Manajemen merupakan peneyerasian dan pengorganisasian sumber daya dari beberapa masukan terkait manajemen untuk mencapai visi dan misi. Tujuan dari adanya manajemen sekolah ini adalah untuk memberdayakan sekolah atau memandirikan melalui berbagai macam bentuk sumber daya, keluwesan, dan kewenanagan mutu sekolah. Pada kenyataan yang terdapat dilapangan, manajemen berbasis sekolah sangatlah dipengaruhi oleh SDM (Sumber Daya Manusia). ada beberapa sekolah yang sudah berdiri di Indonesia, masih ditemukan sekolah-sekolah yang memiliki manajemen yang kurang baik terhadap pengelolaan sekolahnya dan belum memiliki standart kualifikasi SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah melakukan pengkajian secara mendalam dan kritis terkait manajemen berbasis sekolah. Penulisan jurnal ini didasarkan pada jenis peneliitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka atau literature review. Kajian pustakan merupakan kegiatan mengkaji berbagai macam bentuk sumber-sumber yang relevan. Berdasarkan paparan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen berbasis sekolah perlu dilakukan oleh setiap sekolah untuk mencapai tujuannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran dari manajemen sekolah. Salah satu contoh faktor yang penting adalah adanya SDM (Sumber Daya Manusia).Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Muliani, R. ., Kurnia, N. ., & Yantoro, Y. (2022). Literature Review: Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9485–9492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9881
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Resti Muliani, Nazrida Kurnia, Yantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).