Peran Menajemen Terhadap Sekolah Efektif

Authors

  • Ady Setyawan Universitas Jambi
  • Yusuf Andreansyah Universitas Jambi
  • Alif Agung Wicaksono Universitas Jambi
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9575

Abstract

Manajemen pada sekolah menjadi salah satu model penilaian pada pengelolaan pendiidkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan setia sekolah dalam menjalankan program pendidikan. Selanjutnya penilaian tersebut dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan perbaikain sekolah. Sekolah dengan pengelolaan manajemen yang baik akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan sekolah yang lebih baik pula. Pengelolaan yang dimaksud dalam kategori baik yaitu transparan dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting sekolah, baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efesien yang menuju sekolah efektif. Sekolah efektif yang dimaksud adalah sekolah yang mampu mengoptimalkan semua masukan dan proses bagi ketercapaian output pendidikan, yaitu prestasi sekolah terutama prestasi siswa yang ditandai dengan dimilikinya semua kemampuan berupa kompetensi yang dipersyaratkan didalam belajar. Sekolah efektif memiliki karakteristik yaitu : 1) Dilihat dari kepemimoinan kepala sekolah, 2) Memiliki harapan yang tinggi dalam prestasi peserta didik, 3) Keterampilan dasar yang dimiliki setiap warga sekolah sesuai dengan bidangnya, 4) Pengelolaan manajemen yang baik. Kunci dari keberhasilan terbentuknya sekolah efektif yaitu dikendalikan oleh kepala sekolah.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ady Setyawan, Yusuf Andreansyah, Alif Agung Wicaksono, & Yantoro, Y. (2022). Peran Menajemen Terhadap Sekolah Efektif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9575