Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flip Builder Pada Materi Hak dan Kewajiban Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Negeri 137 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9357Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan e-modul interaktif berbasis flip builder pada materi hak dan kewajiban mata Pelajaran PPKN kelas IV SD negeri 137 palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui kevalidan pengembangan e-modul interaktif berbasis flip builder pada materi hak dan kewajiban mata pelajaran PPKN kelas IV SD negeri 137 palembang, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan E-modul interaktif berbasis Flip Builder pada materi hak dan kewajiban mata pelajaran PPKN kelas IV SD Negeri 137 Palembang, (3) Mengetahui keefektifan pengembangan e-modul interaktif berbasis flip builder pada materi hak dan kewajiban mata pelajaran PPKN kelas IV SD negeri 137 palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,angket,tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan valid,praktis,dan efektif berdasarkan dari data yang diperoleh melalui lembar validasi dengan hasil aspek materi rata-rata sebesar 86%, aspek media 84%, dan aspek bahasa 87%. Kemudian, hasil pengembangan e-modul dinyatakan praktis dapat dilihat dari data yang diperoleh melalui lembar angket pendidik sebesar 96%, dan peserta didik dengan hasil sebesar 92,5%. Dan selanjutnya, e-modul yang dapat dinyatakan efektif dapat dilihat dari data yang diperoleh dari nilai rata-rata soal pre-test dan post-test peserta didik sebesar 7,66% dengan hasil rata-rata persentase sebesar 0,76%.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Sonia , G. ., Heldayani, E. ., & Fakhrudin, A. . (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flip Builder Pada Materi Hak dan Kewajiban Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6584–6589. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9357
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gina Sonia , Eni Heldayani, Ali Fakhrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).