Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Bantu Diskusi pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Al – Wathan Ambon
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9650Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matematika siswa kelas XI A keperawatan SMK Al-Wathan. Penelitian ini adalah peneilitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian ini menggunakan tes, lembar kuesioner dan wawancara. Data tentang penggunaan aplikasi google classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matemetika dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa yang sudah sangat efektif dan termasuk dalam kualifikasi sangat baik sebanyak 5 siswa (36%), kualifikasi baik senyak 6 siswa (48%), dan kualifikasi cukup sebanyak 4 siswa (16%). Kemudian Data yang diperoleh dari pemberian kuesrioner dengan jumlah 18 pernyataan dianalisis menggunakan skala likert dengan skor 1 sampai 4. Dengan demikian penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matematika adalah 82.68%. Hal ini termasuk dalam kategori interval sangat setuju dengan nilai 3.26, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa sangat setuju dengan penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matematika. Selain itu dilihat dari data hasil wawancara yang dilakukan pada guru dan juga siswa sebagai penguatan data dan hasilnya menunjukan respon positif dari guru dan juga siswa.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Zurimi, S. ., Darwin, D., Tuasamu, Y. ., & Mayau, Y. . (2022). Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Bantu Diskusi pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Al – Wathan Ambon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8163–8172. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9650
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Safarin Zurimi, Darwin, Yati Tuasamu, Yuyun Mayau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).