Penguatan Kompetensi Guru IPA melalui pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Macromedia Flash di SDN 1 Liang Kabupaten Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6114Abstract
Pelatihan yang dilakukan di SDN 1 Liang kabupaten Maluku Tengah ini ditujukan kepada guru-guru untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan, dan sikap dalam rangka meningkatkan kinerja saat ini memanfaatkan software Macromedia Flash. Pengabdian ini menghasilkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran Macromedia Flash, dimana ketika kegiatan diawali dengan beberapa pertanyaan tentang apa itu Macromedia Flash, ternyata seluruh guru (100%) belum pernah mengenal dan menggunakan Macromedia Flash. Sehingga kegiatan pelatihan ini narasumber dan Tim PKMs begitu kerja keras dalam membimbing guru agar dapat memahami apa itu Macromedia Flash. Setelah diajarkan pembuatan animasi sederhana dan menjalankannya terlihat 12 guru (92,31%) sudah mampu membuat animasi sederhana dari materi mata pelajaran yang mereka ampuh, Kemajuan menggunakan Program Macromedia Flash serta paham dengan program tersebut juga meningkat dari 13 guru (100%) belum mampu tercapai 12 Guru (92,31%) mampu menjalankan program dan Paham dengan Macromedia Flash. Melalui kegiatan pelatihan ini, diperoleh produk berupa CD pembelajaran berbasis Macromedia Flash yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Zurimi, S. ., Tuasamu, . Y. ., Kasriana, K., & Ode, . R. . (2022). Penguatan Kompetensi Guru IPA melalui pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Macromedia Flash di SDN 1 Liang Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3998–4012. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6114
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Safarin Zurimi, Yati Tuasamu, Kasriana, Rasid Ode
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).