Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 12 Muntei Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12515Abstract
Perkembangan zaman telah membuat perubahan yang sangat signifikan dengan adanya alat komunikasi yang sangat canggih yaitu gadget. Adanya alat ini dapat mengakibatkan keuntungan dan kerugian pada diri seseorang. Kebanyakan manusia yang sudah tidak bisa mengontrol diri mereka untuk menggunakan gadget itu sendiri dan malah mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi kehidupan mereka. Salah satunya adalah bagi pelajar yang telah kecanduan mengunakan gadget. Dampak buruk penggunaan gadget terhadap pelajar yaitu menjadi malas belajar. Terkadang jika siswa pulang sekolah sedang berada di rumah bermain dengan gadget dengan waktu yang tidak tertentu. Melihat kondisi penggunaan gadget pada kalangan pelajar di Mentawai yang membuat kurangnya minat pada pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dampak gadget terhadap minat belajar anak adalah siswa malas menulis dan membaca, penurunan dalam kemampuan bersosialisasi dan pengguaan gadget dengan waktu yang tidak terbatas adanya kecanduan game online. Penggunaan gadget pada pelajar dapat memberikan dampak dan pengaruh yang berarti bagi siswa secara fisik maupun mental. dampak yang ditimbulkan dapat berupa dampak positif dan negatif terhadap minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 12 Muntei. Gadget dapat mempengaruhi aspek-aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, nilai agama dan moral, bahasa serta aspek fisik-motorik siswa. Penggunaan gadget perlu adanya pemantauan pada siswa sehingga tidak hilangnya minat belajar siswaDownloads
Published
2023-03-01
How to Cite
Darwin, D. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 12 Muntei Tahun Ajaran 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 13–16. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12515
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Darwin Darwin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).