Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9625Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah menengah pertama di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang berjumlah 256 guru dan sampel penelitian 156 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 22,421+ 1,048X1 dengan kontribusi sebesar 56,3%; (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 26,197 + 0,916X2 dengan kontribusi sebesar 52,9%;Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Sugeng, S., & Murniati, N. A. N. . (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7991–7998. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9625
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sugeng, Ngurah Ayu Nyoman Murniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).