Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Kintan Melati Tirtha Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK yang memiliki kemandirian belajar kategori rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji beda paired sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebelum diberikan bimbingan klasikal kemandirian belajar siswa sebagian besar berada pada kategori rendah dan setelah diberikan bimbingan klasikal kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi. Terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan nilai probability 0.000 yang artinya terdapat pengaruh bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sebesar 23%.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Tirtha, K. M. ., Umari, T. ., & Yakub, E. . (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7523–7529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9531