Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi

Authors

  • Ruth Cheisa Dabukke Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika.Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode Ex Post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner sebanyak 20 butir dengan menggunakan skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika maka penting untuk menghitung uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelasi dari pearson bentuk yang ke dua. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika (rhitung) sebesar 0,84 dan signifikansi korelasi (thitung) sebesar 8,20 jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 1,96 pada taraf signifikan 0,05 maka thitung>ttabel (8,20 > 1,96) sehingga nilai tersebut signifikansi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Dabukke, R. C. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5160–5169. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9102

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3