Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Gamping
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9046Abstract
Dengan adanya manajemen Sumber Daya Manusia menjadi sangat penting dan utama karena keberhasilan dalam pendidikan didasari pada penggunan Sumber Daya Manusia yaitu kepala sekolah dan guru, sehingga kualitas yang dihasilkan mempunyai standar pendidikan bermutu dan berkualitas. Di SMA Negeri 1 Gamping keberadaan guru masih belum maksimal dan efektif dalam peningkatan mutu pendidikan, dikarena adanya ketidakseimbangan ditingkat kependidikan pada hal ini yaitu penempatan pendidik dan tenaga kependidikan yang kurang sesuai dengan profesinya. Itu penyebabkan kurangnya Sumber Daya Manusia yaitu guru. Meskipun ada faktor-faktor penghambat perencanaan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Gamping seperti kurangnya Sumber Daya Manusia, fasilitas kurang memadai, kedisiplinan serta kerja sama dalam melaksanakan program dan kegiatan yang telah dibuat. namun karena adanya komitmen yang kuat dari kepala sekolah untuk melaksanakan perencanaan Sumber Daya Manusia, serta adanya semangat yang tinggi dari tinggi dari Kepala Sekolah, siswa, dan wali marid sehingga sampai saat ini perencanaan Sumber Daya Manusia untuk meningkat mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Gamping masih dapat terlaksana dengan baik, walaupun masih perlu ditingkatkan. Didalam penelitian ini tujuannya untuk mengkaji dan menemukan perencanaan Sumber Daya Manusia dalam peningkatan mutu di SMA Negeri 1 Gamping, dan faktor yang mempengaruhi perencanaan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Gamping serta mengkaji dan menemukan permasalahan dan hambatan dalam perencanaan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Gamping serta menemukan solusi dari permasalahan dan hambatan tersebut mengetahui apakah Sumber Daya Manusia yang ada disekolah sudah maksimal dan efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Kusuma, D. H. ., & Nurmahmudah, F. . (2022). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Gamping. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4914–4924. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9046
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dimas Hendra Kusuma, Fitri Nurmahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).