Pengembangan Modul Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Kedisiplinan Siswa (Uji Coba Produk pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta)

Authors

  • Fita Wahyu Febriyanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Ulfa Danni Rosada Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8969

Abstract

Pelanggaran tata tertib sekolah sering terjadi dan masih banyak siswa yang berperilaku tidak baik dan tidak dapat mengendalikan dorongan hati yang berubah. Slameto (2010) peraturan yaitu peraturan yang ada di sekolah dan berlaku untuk semua warga sekolah harus di patuhi sesuai dengan kebijakan yang ada.    Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil uji coba lapangan modul disiplin role playing di sekolah. Data kualitatif diperoleh hasil evaluasi ahli, saran, dan kritik terhadap modul bermain peran domain siswa yang sedang dikembangkan. Hasil penelitian faktor-faktor penyebab perilaku di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat adalah 61,96%. Berdasarkan hasil penelitian faktor lingkungan keluarga penyebab siswa melanggar disiplin adalah 63,89% yang merupakan skor tinggi. Hal ini terkait dengan anggapan bahwa masyarakat adalah lingkungan awal anak. Berdasarkan hasil penyebaran angket siswa kelas VII secara acak yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta sebanyak 32 siswa, metode ceramah dikategorikan 7 siswa atau 21,87% mahir dan 8 siswa atau 25% tergolong madya, terdiri dari 17 siswa. siswa atau 53,12. % dinilai rendah. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menggunakan metode role playing dimana 23 siswa atau 71,87% dinilai tinggi, 2 siswa atau 6,25% dinilai sedang, 7 siswa atau 21,87% dinilai rendah. Kelayakan pengembangan layanan Bimbingan dan Konseling melalui modul role playing melalui layanan bimbingan kelompok tentang kedisiplinan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta memperoleh nilai akhir secara keseluruhan dengan skor 88,06 dan termasuk dalam kategori “Sangat Baik” sehingga layak digunakan sebagai bahan media layanan bimbingan dan konseling.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Febriyanti, F. W. ., & Rosada, U. D. . (2022). Pengembangan Modul Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Kedisiplinan Siswa (Uji Coba Produk pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4480–4486. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8969