Pengembangan Permainan Simulasi Labirin dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Konsentrasi Belajar

Authors

  • Dewi Setya Universitas Ahmad Dahlan
  • Ulfa Danni Rosada Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1418

Keywords:

Permainan Simulasi, Labirin, Bimbingan Kelompok, Konsentrasi Belajar

Abstract

Konsentrasi merupakan suatu komponen yang dibutuhkan siswa dalam proses belajar. Namun hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Yogyakarta menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak memperhatikan guru yang sedang memberikan materi serta belum adanya media inovatif untuk menunjang layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan permainan simulasi labirin dalam layanan bimbingan kelompok tentang konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model penelitian Borg and Gall. Namun penelitian ini hanya melakukan 5 dari 10 tahap penelitian diantaranya : 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain. Hasil penelitian ini diukur menggunakan lembar uji validasi dengan hasil: 1) Uji ahli layanan BK memperoleh nilai 93,75 dengan kategori sangat baik 2) Uji ahli materi memperoleh nilai 87,5 dengan kategori sangat baik 3) Uji ahli media memperoleh nilai 88,33 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh skor akhir dengan rata-rata 89,86 masuk dalam kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan simulasi labirin dalam layanan bimbingan kelompok tentang konsentrasi belajar layak untuk diuji coba dalam layanan bimbingan kelompok di sekolah.

References

Tarigan, W. H. (2018). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Teknik Brain Gym melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Smp Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Ramadhani, Suci Hening. 2016. Pengaruh Terapi Bermain PuzzleTerhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas I di SD Negeri Pokoh 1 Ngemplak. Jurnal Medika Respati. Vol. 11 No.4. Yogyakarta

Sirait, R. B. (2013). Perancangan Aplikasi Game Labirin Dengan Menggunakan Algoritma Backtracking. Budidarma Medan, hal, 1-4.

Linasari, R.N.(2015). Upaya peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Teknik Kuis Tim di SD Negeri Sidomulyo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015.

Ramadhani, Suci Hening. 2016. Pengaruh Terapi Bermain PuzzleTerhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas I di SD Negeri Pokoh 1 Ngemplak. Jurnal Medika Respati. Vol. 11 No.4. Yogyakarta

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Maulana, P. C. (2018, October). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar melalui Metode Brain Gym (senam otak) pada siswa kelas X pm 1 di SMK Negeri 1 Bantul. In 1st ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling. Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah.

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Setya, D., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Permainan Simulasi Labirin dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Konsentrasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1418

Issue

Section

Articles