Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Layanan Gofood dalam Aplikasi Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia)

Authors

  • Yaniatus Sadiyah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Ulfa Danni Rosada Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, online customer rating, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada layanan GoFood dalam aplikasi Gojek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil dari kuesioner melalui Google-form yang telah dibagikan kepada 100 responden  mahasiswa Universitas Advent Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi, analisis koefisien korelasi, uji – t, dan uji f. Dari hasil uji – t didapatkan bahwa variabel online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian,dengan nilai thitung = 1,790  > dari ttabel  = 1,660. Variabel online customer rating tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai thitung = 0,928 < dari ttabel = 1,660. Variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai thitung = 5,981 > dari ttabel  = 1,660. Hasil uji signifikansi regresi diperoleh nilai F sebesar 38.409 dengan Sig. 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien persamaan regresi signifikan. Nilai dari koefisien determinasi diperoleh sebesar 54%, sementara 46% sisanya dipengaruhi oleh faktor diluar variabel yang tidak diteliti oleh penulis.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Sadiyah, . Y. ., & Rosada, U. D. . (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Layanan Gofood dalam Aplikasi Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2952–2957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7057