Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V

Authors

  • Juni Wanti Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Kristianto Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran MEA (means ends analysis) dan terhadap  hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran tematik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dimana design penelitian adalah one group pretest- posttest design penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X Model p embelajaran MEA dan variabel Y adalah hasil belajar tematik siswa. Populasi penelitian ini seluruh siswa UPTD SD Negeri 121308 Pematang Siantar yang berjumlah 229 siswa, sedangkan  sampel  penelitian ini siswa kelas IV UPTD SD Negeri 121308 Pematang Siantar berjumlah 30 siswa.  Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari skor pretest dan posttest diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran MEA (means ends analysis) terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari thitung .> ttabel (4,1528 > 2,0422). Maka kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode MEA (means ends analysis) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas IV UPTD SD Negeri 121308 Pematang Siantar.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Siregar, J. W. ., Purba, N. ., & Simarmata, R. . K. . (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4137–4148. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8911

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>