Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V

Authors

  • Amelia Lestari Sibuea Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Partohap S.R Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB 60 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa: Adanya Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 6.564 > 2,00172  maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan peningkatan hasil belajar peserta didik yag tidak menggunakan model Contextual Teaching and Learning.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Sibuea, A. L. ., Simaremare, J. A. ., & Sihombing, P. S. . (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4126–4136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8910

Most read articles by the same author(s)