The Effect Of The Storytellingteaching Method To The Ability Of Grade VII Students Of Smp Negeri 4 Pematang Siantar In The Listening Comprehension On The Narrative Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9016Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mendongeng terhadap pemahaman menyimak siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar terhadap teks naratif. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pengaruh metode pembelajaran bercerita terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar dalam pemahaman menyimak teks naratif? 2. bagaimana pengaruh metode pembelajaran diskusi kelompok kecil terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar dalam pemahaman menyimak pada teks naratif? 3. apakah pengaruh metode pengajaran mendongeng lebih signifikan daripada pengaruh metode pengajaran diskusi kelompok kecil terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar dalam pemahaman menyimak teks naratif? Penelitian kuantitatif digunakan dalam desain penelitian ini. Untuk menyelidiki apakah metode yang disarankan memiliki pengaruh pada objek yang dimaksud melalui penyelidikan eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes mendengarkan. Data yang diperoleh berupa data nilai tes siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes mendengarkan siswa dengan memberikan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent sample t test. Berdasarkan temuan tersebut, metode pengajaran diskusi kelompok kecil dan bercerita menghasilkan hasil belajar yang berbeda bagi siswa. Skor t-test (4,56) > t-tabel menunjukkan hal ini (2.000). Dengan demikian, mendongeng adalah metode pengajaran yang lebih efektif daripada diskusi kelompok kecil. Akibatnya, Hipotesis Null (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Kelas eksperimen yaitu VIII-2 yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan metode mendongeng memperoleh rerata skor 27,6, sedangkan kelas kontrol VIII-3 yang menggunakan metode diskusi kelompok kecil memperoleh rerata skor 15,4. Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk membangun metode pengajaran di sekolah. Disimpulkan bahwa metode pengajaran mendongeng berpengaruh signifikan terhadap nilai tes siswa.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Siahaan, . S. ., Butar-Butar, Y. N. B. ., & Sitanggang, A. . (2022). The Effect Of The Storytellingteaching Method To The Ability Of Grade VII Students Of Smp Negeri 4 Pematang Siantar In The Listening Comprehension On The Narrative Text . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4716–4727. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9016
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sanggam Siahaan, Yeyen Nopriyanti Br. Butar-Butar, Anita Sitanggang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).