The Effect Of Herringbone Teaching Technique To The Reading Comprehension Ability Of Grade X Student’s Of Smk Kesehatan Tridarma Pematang Siantar Of Narrative Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8483Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pengajaran herringbone terhadap kemampuan siswa kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematangsiantar dalam pemahaman membaca teks naratif. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah metode Quasi-Experimental. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan diperoleh melalui tes dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematangsiantar. Sampel penelitian ini adalah X-Keperawatan sebagai kelompok eksperimen dan X-Farmasi sebagai kelompok kontrol. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes. Pengujian dilakukan dengan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan bahwa penggunaan teknik pengajaran Herringbone berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari beberapa fakta, yaitu: 1) Rerata post-test kelompok eksperimen setelah perlakuan adalah 86,75, sedangkan kelompok kontrol adalah.72, 2) Standar deviasi post-test kelompok eksperimen setelah perlakuan adalah 6,34 , sedangkan kelompok kontrol adalah 8,34, 3) Uji-t setelah perlakuan adalah 6,30 dan T-tabel pada signifikansi 0,05 adalah 1,9. Jadi hipotesis dapat dibangun dengan (6,30>1,9), artinya nilai t-test 6,30 lebih tinggi dari t-tabel 1,9. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pengajaran Herringbone dapat memiliki pengaruh yang baik pada pemahaman bacaan.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Siahaan, S. ., Saragih, F. M. D. ., & Siahaan, M. M. . (2022). The Effect Of Herringbone Teaching Technique To The Reading Comprehension Ability Of Grade X Student’s Of Smk Kesehatan Tridarma Pematang Siantar Of Narrative Text . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1962–1977. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8483
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sanggam Siahaan, Fitri May Danthi Saragih, Mungkap Mangapul Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).