Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II MI Riyadul Mukhlisin

Authors

  • Rizka Amalia Lukmana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kamalludin Kamalludin [email protected]

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8817

Abstract

Guru memiliki pengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Kompetensi Pedagogik dan Profesional merupakan kompetensi yang mutlak harus dimiliki guru. Tematik salah satu pelajaran yang diterapkan di MI Riyadul Mukhlisin, namun sering kali membosankan. Maka peran guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran ini. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada Madrasah Ibtidaiyah Riyadul Mukhlisin kelas II. Dalam analisis kompetensi cukup Pedagogik dan Profesional Guru pada Pembelajaran Tematik dalam kategori hampir semua jawaban dan indikator guru maupun siswa baik dan memenuhi kompetensi pedagogik dan profesional guru. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat memastikan bahwa Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru sudah cukup baik dalam memenuhi indikatornya, meskipun perlu mengembangkan agar lebih meningkatkan kompetensinya.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Lukmana, R. A. ., Fahri, M. ., & Kamalludin, K. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II MI Riyadul Mukhlisin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3675–3682. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8817