Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II MI Riyadul Mukhlisin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8817Abstract
Guru memiliki pengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Kompetensi Pedagogik dan Profesional merupakan kompetensi yang mutlak harus dimiliki guru. Tematik salah satu pelajaran yang diterapkan di MI Riyadul Mukhlisin, namun sering kali membosankan. Maka peran guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran ini. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada Madrasah Ibtidaiyah Riyadul Mukhlisin kelas II. Dalam analisis kompetensi cukup Pedagogik dan Profesional Guru pada Pembelajaran Tematik dalam kategori hampir semua jawaban dan indikator guru maupun siswa baik dan memenuhi kompetensi pedagogik dan profesional guru. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat memastikan bahwa Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru sudah cukup baik dalam memenuhi indikatornya, meskipun perlu mengembangkan agar lebih meningkatkan kompetensinya.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Lukmana, R. A. ., Fahri, M. ., & Kamalludin, K. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II MI Riyadul Mukhlisin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3675–3682. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8817
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizka Amalia Lukmana, Muhammad Fahri, Kamalludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).