Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas A II di TPA Al-Hikmah Bogor

Authors

  • Chodidjah Makarim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nina Nurhaeni Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kamalludin Kamalludin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6373

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk memajukan suatu generasi bangsa dan negara dari ketertinggalan baik dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi. Pendidikan adalah sebagai usaha membbina dan mengembangkan pribadi manusia, baik menyangkut aspek ruhiah dan jasmani. Model pembelajaran adalah suatu model yang dipraktekkan atau diterapkan pada peserta didik, salah satunya adalah model pembelajaran Picture and Picture. Maka dari itu, model Picture and Picture merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Model Picture and Picture adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan gambar sehingga dapat menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  ruang lingkup pembelajaran fiqh (2) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran fiqh (4) dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) maksud dari penelitian tindakan kelas yaitu merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research)  dan peneltian tindakan ini bagian dari penelitian pada umumnya. Jadi, penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang dilakukan menurut metode ilmiah yang sistematis untuk menemukan informasi ilmiah atau teknologi baru, membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran hipotesis sehingga dapat dirumuskan teori atau proses gejala sosial. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut dari hasil belajar menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pembelajarn siklus I dan siklus II dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa  model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajar Fiqh materi tata cara berwudhu.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Makarim, C. ., Nurhaeni, N. ., & Kamalludin, K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas A II di TPA Al-Hikmah Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5639–5645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6373