Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas A II di TPA Al-Hikmah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6373Abstract
Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk memajukan suatu generasi bangsa dan negara dari ketertinggalan baik dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi. Pendidikan adalah sebagai usaha membbina dan mengembangkan pribadi manusia, baik menyangkut aspek ruhiah dan jasmani. Model pembelajaran adalah suatu model yang dipraktekkan atau diterapkan pada peserta didik, salah satunya adalah model pembelajaran Picture and Picture. Maka dari itu, model Picture and Picture merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Model Picture and Picture adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan gambar sehingga dapat menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ruang lingkup pembelajaran fiqh (2) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran fiqh (4) dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) maksud dari penelitian tindakan kelas yaitu merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) dan peneltian tindakan ini bagian dari penelitian pada umumnya. Jadi, penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang dilakukan menurut metode ilmiah yang sistematis untuk menemukan informasi ilmiah atau teknologi baru, membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran hipotesis sehingga dapat dirumuskan teori atau proses gejala sosial. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut dari hasil belajar menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pembelajarn siklus I dan siklus II dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajar Fiqh materi tata cara berwudhu.Downloads
Published
2022-08-26
How to Cite
Makarim, C. ., Nurhaeni, N. ., & Kamalludin, K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas A II di TPA Al-Hikmah Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5639–5645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6373
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Chodidjah Makarim, Nina Nurhaeni, Kamalludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).