Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova

Authors

  • Anisa Jihan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rusdi Kasman Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9485

Abstract

Pendidikan matematika pada Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu jenjang pendidikan yang wajib dimulai dari kelas satu. dimana level dasar ini dapat menentukan keberlanjutan level selanjutnya. jika mutu pendidikan SD dapat dikatakan rendah, maka kemungkinan jenjang pendidikan selanjutnya juga akan rendah. Oleh karena itu, penguasaan konsep dalam matematika harus diterapkan pada anak usia dini. Pembelajaran matematika ini dapat di lakukan dengan berbagai metode salah satunya menggunakan metode jarimatika. Metode ini dapat membuat siswa merasakan termotivasi serta meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD/MI.  Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dimana analisis kualitatif ini  berdasarkan pada data kuantitatif. Dengan menggunakan data observasi kualitatif hasilnya dapat dianalisis menggunakan kuantitatif teknik persentase. Metode penelitian ini yakni menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis and MC.Taggart yaitu 1 siklus yang terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, catatan harian dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan metode jarimatika  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas II SD Islam Modern El-Cordova tonjong  pada materi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Jihan, A. ., Fahri, M. ., & Kasman, R. . (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7221–7228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9485