Analisis Program Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang

Authors

  • Qatrunnada Ramadhani Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Denny Nazaria Rifani Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8721

Abstract

LPKA dapat dikatakan sebagai tempat yang digunakan untuk membantu andikpas untuk dapat memiliki perilaku yang lebih positif. Setiap individu memiliki perilaku yang baik dan buruk, terutama anak kecil. Hal ini pada umumnya terjadi karena anak tidak memperoleh perhatian dan kasih sayang sehingga membuat dirinya dapat melakukan tindakan yang kurang baik. Salah satu contoh tindakan yang kurang baik yang dilakukan oleh anak adalah tawuran, pencurian, perkelahian dan kekerasan. Kenakalan anak ini menjadi salah satu salah satu permasalahan yang perlu diselesaikan sehingga dibentuklah hukum dengan menjalani masa pembinaan pada lembaga pembinaan khusus anak. Setiap anak di LPKA memiliki hak untuk memperoleh pendidikan yang layak dalam rangka memberikan pengetahuan. Sebagaimana yang terlihat, selama masa pandemi Covid-19, sistem pembelajaran menjadi terhambat karena kurangnya fasilitas untuk memberikan pembelajaran dan adanya pembatasan. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pendidikan anak didik pemasyarakatan pada masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui protokol kesehatan dalam penerapan program pendidikan di LPKA Kelas 1 Palembang. Lokasi yang ditetapkan oleh peneliti adalah LPKA Kelas I Palembang. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi. Hasil menunjukkan bahwa program pendidikan selama masa pandemi Covid-19 di dalam LPKA Kelas I Palembang dikatakan kurang optimal dikarenakan terdapat sarana dan prasarana yang kurang memadai. Selain itu, diketahui bahwa program pembelajaran yang diimplementasikan oleh pihak LPKA berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran selama masa pandemi.

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Ramadhani, Q. ., & Rifani, D. N. . (2022). Analisis Program Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3301–3307. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8721