Analisis Program Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8721Abstract
LPKA dapat dikatakan sebagai tempat yang digunakan untuk membantu andikpas untuk dapat memiliki perilaku yang lebih positif. Setiap individu memiliki perilaku yang baik dan buruk, terutama anak kecil. Hal ini pada umumnya terjadi karena anak tidak memperoleh perhatian dan kasih sayang sehingga membuat dirinya dapat melakukan tindakan yang kurang baik. Salah satu contoh tindakan yang kurang baik yang dilakukan oleh anak adalah tawuran, pencurian, perkelahian dan kekerasan. Kenakalan anak ini menjadi salah satu salah satu permasalahan yang perlu diselesaikan sehingga dibentuklah hukum dengan menjalani masa pembinaan pada lembaga pembinaan khusus anak. Setiap anak di LPKA memiliki hak untuk memperoleh pendidikan yang layak dalam rangka memberikan pengetahuan. Sebagaimana yang terlihat, selama masa pandemi Covid-19, sistem pembelajaran menjadi terhambat karena kurangnya fasilitas untuk memberikan pembelajaran dan adanya pembatasan. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pendidikan anak didik pemasyarakatan pada masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui protokol kesehatan dalam penerapan program pendidikan di LPKA Kelas 1 Palembang. Lokasi yang ditetapkan oleh peneliti adalah LPKA Kelas I Palembang. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi. Hasil menunjukkan bahwa program pendidikan selama masa pandemi Covid-19 di dalam LPKA Kelas I Palembang dikatakan kurang optimal dikarenakan terdapat sarana dan prasarana yang kurang memadai. Selain itu, diketahui bahwa program pembelajaran yang diimplementasikan oleh pihak LPKA berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran selama masa pandemi.Downloads
Published
2022-11-12
How to Cite
Ramadhani, Q. ., & Rifani, D. N. . (2022). Analisis Program Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3301–3307. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8721
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Qatrunnada Ramadhania, Denny Nazaria Rifani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).