Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Yayasan Perguruan Keluarga T.A 2022/2023

Authors

  • Rosita Situmorang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ady Frenly Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Fine Eirene Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian inidiambil menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument test pemahamn konsep fisika. Hasil penelitian setelah di uji hipotesisnya menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung=2,733 dan ttabel=2,00172 dengan taraf signifikansi ?=0,05. Nilai thitung>ttabel yaitu 2,733>2,00172 . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Situmorang, R. ., Simanullang, A. F. ., & Siahaan, F. E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Yayasan Perguruan Keluarga T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2143–2151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8518