Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa di SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok T.A.2022/2023

Authors

  • Anggi Ariska Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ady Frenly Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sudirman T.P Lumbangaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8243

Abstract

Keterampilan berpikir kritis fisika siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya dikarenakan proses pembelajaran yang kurang melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis dan mengetahui keterlaksanaan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data dengan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essai sebanyak 10 butir soal yang mewakili 12 indikator keterampilan berpikir kritis. Kemudian, jawaban siswa dianalisis dengan bantuan SPSS versi 25 melalui Uji  Independent  Sampel T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailled) sebesar 0,013. Karena nilai sig (2-tailled) < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil keterlaksanaan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. hasil yang didapat pada lembar keterlaksanaan model guided inquiry sebesar 87% yang dimana masuk pada kriteria sangat baik, artinya ada peningkatan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Ariska, A. ., Simanullang, A. F. ., & Lumbangaol, S. T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa di SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok T.A.2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 742–750. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8243

Most read articles by the same author(s)