Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Murid kelas XI TAV di SMK Negeri 1 Rao Selatan

Authors

  • Rahmi Sagita Putri Universitas Negeri Padang
  • Efrizon Efrizon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8491

Abstract

Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament merupakan suatu jenis pembelajaran kooperatif yang menempatkan murid ke grup belajar dengan banyak anggota lima sampai enam orang murid yang mempunyai kemampuan tidak selaras. Sehingga murid bisa saling tolong menolong untuk menuntaskan konflik pada saat pembelajaran.  Alasan tadi membuat peneliti tertarik untuk menerapkan contoh pembelajaran TGT dalam pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah imbas model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar murid dalam mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Rao Selatan. penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dipakai adalah soal posttest. Kemudian di ujikan untuk mendapatkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji T yang diperoleh memakai spss 25 diambil berdasarkan nilai signifikansi (dua-tailed).Apabila nilai signifikansi (dua-tailed) ? 0,005.maka didapatkan yaitu 0,003 ? 0,005 dan 0,004 ? 0,005 dan bisa disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh contoh pembelajaran TGT terhadap hasil belajar murid.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Putri, R. S. ., & Efrizon, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Murid kelas XI TAV di SMK Negeri 1 Rao Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2036–2040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8491