Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika

Authors

  • Safira Karmila Universitas Negeri Padang
  • Efrizon Efrizon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8522

Abstract

Berbagai permasalahan yang sering ditemukan pada dunia pendidikan salah satu nya yaitu hasil belajar anak didik, sebab hasil berlatih menggenggam andil berarti buat memperhitungkan mutu pembelajaran, hingga dari itu buat tingkatkan hasil berlatih periset mempraktikkan bentuk penataran Students Teams Achievement Division( STAD), bentuk penataran ini dicoba dengan cara beregu ataupun bertukar pikiran, dengan ini anak didik hendak mengarah lebih aktif beranggapan serta silih berkerja serupa di dalam regu nya tiap- tiap. Riset ini dilaksanakan buat mengenali akibat aplikasi bentuk penataran Students Teams Achievement Division( STAD) kepada hasil berlatih anak didik pada mata pelajaran Aplikasi Susunan Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negara 1 Sumatera Barat. Tata cara yang dipakai dalam riset ini merupakan quasi penelitian dengan memakai Pretest- Posttest Control Group Design. Hasil dari riset ini bersumber pada pembuktian anggapan dengan memakai percobaan T, didapat hasil kalkulasi 2 bagian sebesar 0, 000 dengan derajat penting 0, 005 maksudnya hasil analisa lebih besar dari derajat signifikannya. Hingga bisa disimpulkan ada akibat dalam aplikasi bentuk penataran STAD, perihal ini pula bisa diamati dari pada umumnya kedua kategori ialah sebesar 84, 24 pada kategori penelitian serta sebesar 58, 68 pada kategori pengawasan. Dari peerbedaan pada umumnya itu nyata nampak terdapatnya kenaikan hasil berlatih anak didik dengan memakai bentuk penataran STAD, alhasil anggapan dalam riset ini bisa diperoleh.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Karmila, S. ., & Efrizon, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2181–2189. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8522