Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Software Simulasi pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV

Authors

  • Ami Betriami Universitas Negeri Padang
  • Efrizon Efrizon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8632

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam menggunakan software simulasi sebagai media praktikum. Software simulasi merupakan sebuah media pembelajaran berbasis komputer. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada rancangan model Kemmis & Taggart dimana terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes pilihan ganda. Perolehan hasil aktivitas belajar siswa ditetapkan minimal 80% dengan kategori baik. Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa 73,93% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 84,48%. Peningkatan aktivitas belajar siswa siklus 1 dan siklus 2 sebesar 10,55%. Indikator keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus 2 dibuktikan dengan perolehan hasil aktivitas belajar siswa sebesar 84,48%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes dan penilaian praktikum. Hasil belajar pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 76,37 memiliki peningkatan pada siklus 2 menjadi 85,82. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 65,52% adanya peningkatan pada siklus 2 menjadi 89,66%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 85%, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui pemanfaatan software simulasi pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika.  

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Betriami, A. ., & Efrizon, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Software Simulasi pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2732–2743. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8632