Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Software Simulasi pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8632Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam menggunakan software simulasi sebagai media praktikum. Software simulasi merupakan sebuah media pembelajaran berbasis komputer. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada rancangan model Kemmis & Taggart dimana terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes pilihan ganda. Perolehan hasil aktivitas belajar siswa ditetapkan minimal 80% dengan kategori baik. Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa 73,93% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 84,48%. Peningkatan aktivitas belajar siswa siklus 1 dan siklus 2 sebesar 10,55%. Indikator keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus 2 dibuktikan dengan perolehan hasil aktivitas belajar siswa sebesar 84,48%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes dan penilaian praktikum. Hasil belajar pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 76,37 memiliki peningkatan pada siklus 2 menjadi 85,82. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 65,52% adanya peningkatan pada siklus 2 menjadi 89,66%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 85%, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui pemanfaatan software simulasi pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika.Downloads
Published
2022-11-10
How to Cite
Betriami, A. ., & Efrizon, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Software Simulasi pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2732–2743. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8632
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ami Betriami, Efrizon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).