Implikasi Tingkat pendidikan dan Pola asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak

Authors

  • Yennizar. N Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Didik Supriyanto Universitas Islam Malang
  • Natalia Sulistyo Veerman SMA Kristen Gloria 2
  • Yoga Tri Wijayanti Poltekkes Tanjung Karang
  • Revania Risang Ayu Universitas Siliwangi
  • Amalia Husna Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak dan upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu perkembangan sosial anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek observasi yang dipilih adalah Anak yang berusia 6 tahun (1 Responden) di Desa Koto Iman kecamatan Danau Kerinci. Dari hasil pengamatan, responden dirawat oleh neneknya yang berusia 65 tahun  dan  tingkat pendidikan yang rendah yaitu tamatan SD dengan menerapkan pola asuh demokratis. Responden memilki sikap yang mencerminkan perkembangan sosial yang baik, seperti mudah bergaul, peduli dan mau berbagi dengan orang lain, mandiri, percaya diri dan disukai oleh banyak orang. Jadi, walaupun tingkat pendidikan orang tua rendah tidak mempengaruhi orang tua dalam menentukan pola asuh Responden.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

N, Y., Supriyanto, D. ., Veerman, N. S. ., Wijayanti, Y. T. ., Ayu, R. R. ., & Husna, A. . (2022). Implikasi Tingkat pendidikan dan Pola asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1672–1684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8431