Analisis Problematika Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Authors

  • Agus Wahyudi STIK Bina Husada Palembang
  • Amtai Alaslan Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Dilla Yunesti IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Haris Haris Universitas Negeri Makassar
  • Usmaedi Usmaedi STKIP Setia Budhi
  • Endang Switri Universitas Sriwijaya
  • Usep Saepul Mustakim STKIP Syekh Manshur
  • Amalia Husna Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8429

Abstract

Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kemampuan guru, yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dalam pengembangan keprofesian guru, akan ditemukan berbagai hambatan dan permasalahan.  Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Problematika Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah: Dalam Pelaksanaan PKB tak terlepas dari berbagai kendala dan hambatan yang dihadapi, diantaranya adalah permasalahan terkait komponen PKB, permasalahan  internal dan eksternal. Adapun Kendala Terkait Komponen PKB Guru PAUD, yaitu: (1) minimnya publikasi ilmiah guru PAUD; (2) kurangnya karya inovatif guru; (3) kesadaran pengembangan diri yang kurang. Kendala internal dan eksternal adalah kendala yang berasal dari dalam guru PAUD itu sendiri, diantara kendalanya adalah: (1) rendahnya motivasi guru; (2) keterbatasan waktu yang dimiliki guru untuk mengikuti program PKB; (3) pelaksanaan PKB di jam efektif sekolah; (4) sarana prasarana kurang memadai; (5) minim penerapan materi PKB; (6) kurangnya dukungan dari Dinas Pendidikan terkait; (7) kurangnya kemampuan guru dalam penggunaan teknologi; (8) kemampuan guru dalam memahami materi PKB masih kurang; (9) adanya ketentuan dan pembatasan peserta.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Wahyudi, A. ., Alaslan, A. ., Yunesti, D. ., Haris, H., Usmaedi, U., Switri, E. ., Mustakim, U. S. ., & Husna, A. . (2022). Analisis Problematika Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1663–1671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8429

Most read articles by the same author(s)