Systematic Literature Review: Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD melalui Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Amalia Husna Universitas Negeri Padang 2Universitas Qomaruddin
  • Lailatul Masruroh Universitas Qomaruddin
  • Yennizar. N Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Novi Susanti Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Dini Kausari Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Dwi Haryanti Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik
  • Nurmalinda Zari Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Dilla Yunesti Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7128

Abstract

Penulisan karya ilmiah erat kaitannya dengan dunia pendidikan dan penelitian. Untuk itu, guru memilki andil dalam memahami penulisan karya ilmiah agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Hasil karya ini juga harus dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Namun, kenyataan di bidang ini adalah banyak guru yang tidak mengerti bagaimana menulis karya ilmiah karena kurangnya pengetahuan mereka dalam menulis karya ilmiah. Untuk itu perlu diadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji secara systematic literature review terkait peningkatan profesionalisme guru PAUD melalui pelatihan dan bimbingan penulisan karya tulis ilmiah baik itu penelitian PTK, artikel, laporan penelitian dan lainnya, yang bertujuan meningkatkan profesionalisme guru PAUD. Berdasarkan hasil penelitian dengan systematic literature review, dengan adanya pelatihan penulisan karya ilmiah baik itu berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penulisan artikel, publikasi artikel ke jurnal terindeks, atau menjadi pemakalah seminar dapat meningkatkan profesionalisme guru PAUD.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Husna, . . A. ., Masruroh, L. ., N, Y., Susanti, N. ., Kausari, D. ., Haryanti, D. ., Zari, N. ., & Yunesti, D. . (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD melalui Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3391–3399. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7128