Systematic Literature Review: Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD melalui Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7128Abstract
Penulisan karya ilmiah erat kaitannya dengan dunia pendidikan dan penelitian. Untuk itu, guru memilki andil dalam memahami penulisan karya ilmiah agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Hasil karya ini juga harus dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Namun, kenyataan di bidang ini adalah banyak guru yang tidak mengerti bagaimana menulis karya ilmiah karena kurangnya pengetahuan mereka dalam menulis karya ilmiah. Untuk itu perlu diadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji secara systematic literature review terkait peningkatan profesionalisme guru PAUD melalui pelatihan dan bimbingan penulisan karya tulis ilmiah baik itu penelitian PTK, artikel, laporan penelitian dan lainnya, yang bertujuan meningkatkan profesionalisme guru PAUD. Berdasarkan hasil penelitian dengan systematic literature review, dengan adanya pelatihan penulisan karya ilmiah baik itu berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penulisan artikel, publikasi artikel ke jurnal terindeks, atau menjadi pemakalah seminar dapat meningkatkan profesionalisme guru PAUD.Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Husna, . . A. ., Masruroh, L. ., N, Y., Susanti, N. ., Kausari, D. ., Haryanti, D. ., … Yunesti, D. . (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD melalui Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3391–3399. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7128
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amalia Husna, Lailatul Masruroh, Yennizar.N, Novi Susanti, Dini Kausari, Dwi Haryanti, Nurmalinda Zari, Dilla Yunesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).