The Implementation Of Flipped Classroom’s Components In Vocabulary Learning At Junior High School In Indonesia

Authors

  • Anjung Maya Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Kamalia Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wahyudin Fitriyana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8076

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana komponen kelas terbalik diimplementasikan dalam pembelajaran kosa kata. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan flipped classroom sebagai pendekatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 bagi siswa kelas VIII SMP di Karawang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap komponen flipped classroom sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun guru membuat persiapan yang baik selama kegiatan pra-kelas, siswa mempengaruhi kegiatan kelas terbalik selama kegiatan di kelas. Selain itu, kemampuan siswa yang diuji dalam kegiatan pasca kelas juga dipengaruhi oleh penerimaan materi pada saat kegiatan pra kelas dan di dalam kelas.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Putri, A. M. ., Hakim, P. K. ., & Fitriyana, W. . (2022). The Implementation Of Flipped Classroom’s Components In Vocabulary Learning At Junior High School In Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8482–8492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8076