The Correlation Between Stundents Listening Skill and Their Speaking Skill In Their Conversation In Senior High School

Authors

  • Aninda Kharisma Singaperbangsa Karawang University
  • Putri Kamalia Hakim Singaperbangsa Karawang University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7163

Abstract

Bahasa inggris merupakan bahasa yang disepakati oleh seluruh dunia untuk menjadi bahasa internasional yang menghubungkan seluruh orang di dunia. Pentingnya bahasa inggris membuat mata pelajaran bahasa inggris menjadi mata pelajaran wajib yang selalu ada pada jenjang sekolah dasar hingga menengah atas. Para peserta didik mempelajari bahasa inggris melalui berbagai tingkatan mulai dari mempelajari kata per kata hingga mempelajari cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan komunikasi di dunia nyata, komunikasi verbal menggunakan teknik berbicara dan mendengar untuk menyampaikan dan menerima pesan. Namun kedua hal tersebut memiliki keterkaitan yang keduanya harus sama-sama memahami dan menguasai hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif terhadap 10 informan siswa SMAN 11 Bekasi yang dipilih secara acak dengan teknik wawancara menggunakan aplikasi whatsapp yang bertujuan untuk menghindari rantai penyebaran covid-19 yang melanda saat penelitian ini dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berbicara dan kemampuan mendengar memiliki korelasi dalam kegiatan percakapan mereka. Hal ini yang akan menjadi penentu apakah pesan yang mereka sampaikan akan dapat tersampaikan dengan benar atau tidak.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Kharisma, A., & Hakim, P. K. . (2022). The Correlation Between Stundents Listening Skill and Their Speaking Skill In Their Conversation In Senior High School . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3498–3501. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7163