Analisis Muatan 4C pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11866Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan 4C pada rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan 4C pada tujuan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum digunakan dalam tujuan pembelajaran. Muatan 4C pada kegiatan belajar mengajar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Collaboation, Communication dan Creativity. Muatan 4C pada instrument penilaian dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum diterapkan dalam instrument penilaian Kata Kunci: analisis, 4C, rencana pelaksanaan pembelajaranDownloads
Published
2023-01-27
How to Cite
Fiemi, I. ., Kartono, K., Pranata, R. ., Kresnadi, H. ., & Ghasya, D. A. V. . (2023). Analisis Muatan 4C pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5525–5532. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11866
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irwi Fiemi, Kartono Kartono, Rio Pranata, Hery Kresnadi, Dyoty Auliya Vilda Ghasya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).