Efektivitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkaan Kemampuan Membina Hubungan (Self Relationship) Berbasis Teknologi Informasi (Studi Pada Peserta Didik di Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batang Anai)

Authors

  • Hafifah Madaniah Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Helma Helma Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7936

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu rendahnya kecerdasan emosi dalam kemampuan membina hubungan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menggambarkan kemampuan membina hubungan peserta didik sebelum diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) Menggambarkan kemampuan membina hubungan peserta didik setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen, (3) Mengetahui efektivitas program pengembangan kecerdasan emosi dalam meningkatkan kemampuan membina hubungan berbasis teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen Lokasi penelitian ini di SMAN 2 Batang Anai. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu 224 orang, sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase dan uji Ancova. Hasil penelitian (1) Tingkat kemampuan membina hubungan kelompok kontrol dan eksperimen sebelum diberikan perlakuan tergolong rendah, (2) Gambaran tingkat kemampuan membina hubungan setelah diberikan perlakuan untuk kelompok eksperimen dikategorikan tinggi, (3) Program pengembangan membina hubungan berbasis TI  signifikan meningkatkan kemampuan membina hubungan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru bimbingan konseling untuk dapat menggunakan program pengembangan Self Relationship pada peserta didik. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pada setting yang lebih beragam / luas.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Madaniah, H. ., Helma, H., & Nita, R. W. . (2022). Efektivitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkaan Kemampuan Membina Hubungan (Self Relationship) Berbasis Teknologi Informasi (Studi Pada Peserta Didik di Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batang Anai). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7843–7848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7936