Efektivitas Program Pengemabangan Self Motivation Berbasis Teknologi Informasi Meningkatkan Kemampuan Memotivasi Diri ( Studi pada Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 2 Lubuk Basung)

Authors

  • Muhammad Nur Qalbi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Helma Helma Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7905

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa faktor salah satunya  kemampuan  self motivation. Tujuan penelitia ini adalah : (1) Untuk mengetahui self motivation peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. (2) Untuk mengetahui self motivation peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan  pada kelompok eksperimen. (3) Untuk mengetahui efektivitas program pengembangan self motivation meningkatkan kemampuan memotivasi diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif, jenis penelitian eksperimen. Lokasi penelitian ini di SMA N 2 Lubuk Basung. Populasi adalah 122 peserta didik, sampel dalam penelitian  ini mengunakan random sampling Sebanyak 62 orang. Teknik analisi data yang digunakan yaitu persentase dan uji Ancova.  Hasil penelitian: 1) Tingkat self motivation sebelum diberikan perlakuan tergolong klasifikasi, E (kategori sangat rendah). 2) Tingkat self motivation setelah diberikan perlakuan  mengalami perubahan  terutaman pada kelompok eksperimen tergolog klasifikasi, C (kategori rendah). 3) Program pengembangan  self motivation berbasis teknologi informasi tidak efektif secara signifikan meningkatkan kemampuan self motivation peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada. Guru BK untuk meninjau kembali bagi peserta didik yang memiliki self motivation yang rendah dan sangat rendah dan untuk peneliti selanjutnya meninjau kembali program yang sudah dibuat oleh peneliti sebelumnya.

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Qalbi, M. N. ., Helma, H., & Nita, R. W. . (2022). Efektivitas Program Pengemabangan Self Motivation Berbasis Teknologi Informasi Meningkatkan Kemampuan Memotivasi Diri ( Studi pada Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 2 Lubuk Basung). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7243–7249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7905