Efektifitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkan Aspek Empati (EMPATHY) Berbasis Teknologi Informasi (Studi untuk Peserta didik di Kelas X MIA 1 SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan)

Authors

  • Gelly Fitria Santi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Helma Helma Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6043

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terungkapnya bahwa adanya peserta didik yang belum mampu mengenali perasaan or2ang lain atau rasa empatinya dan kurangnya rasa peduli peserta didik terhadap temannya dengan itu konselor memberikan program layanan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan:1).Gambaran empati sebelum diberikan program layanan/perlakuan.2).Gambaran empati setelah diberikan program layanan/perlakuan . 3). Efektifas program layanan sesuai dengan peserta didik di kelas X Mia 1 SMAN 2 Bayang yang berhubungan dengan rasa empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan mengunakan pendekatan kuantitatif.penelitian ini adalah eksperimen dengan mengunakan pre-test post-test control grup desain terdapat dua kelompok yang dipilih kemudian diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal apakah adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Populasi penelittian ini adalah sebanyak 60 orang.Jumlah sampel sebanyak 30 orang kelompok eksperimen dan 30 oranv untuk kelompok control. Instrumen yang digunakan adalah angket.Data dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan teknik ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektifitas pengembangan kecerdasan emosi dalam meningkatkat aspek empati dapati diambil kesimpulan sebagai berikut: 1). Gambaran empati peserta didik sebelum diberikan program layanan/perlakuan berada dikategosikan  rendah. 2). Gambaran empati peserta didik setelah diberikan program layanan/perlakuan dikategorikan tinggi. 3). Adanya signifikan untuk meningkatkan rasa empati peserta didik di kelas Mia 1 SMAN 2 Bayang. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK. Hal tersebut dapat dilihat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0.050 sama nilai ketetapan signifikan 0.050.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Santi, . G. F. ., Helma, H., & Nita, R. W. . (2022). Efektifitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkan Aspek Empati (EMPATHY) Berbasis Teknologi Informasi (Studi untuk Peserta didik di Kelas X MIA 1 SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3635–3641. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6043