Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7910Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengeruh model pembelajaran kooperatif Number Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran koperatif Number Head Together terhadap hasil belajar pembelajaran IPS siswa kelas IV di Sd Negeri 01 Tanjung Raja. Populasi penelitian ini yaitu kelas 4A dan 4B SD Negeri 01 Tanjung Raja yang berjumlah 48 siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Number Head Together. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan dari nilai rata-rata pada pretest kelas eksperimen sebesar 59,44 selanjutnya pada posttest 82,50 mengalami peningkatan sebesar 23,06. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control pretest sebesar 62,50, posttest sebesar 69,72 yang mengalami peningkatan sebesar 7,22. Nilai tes setiap pertemuan baik pada kelas eksperimen maupun kelas control sama-sama mengalami peningkatan, namun nilai pada kelas eksperimen lebih mengalami peningkatan yang signifikan dari pada kelas control. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Togerher berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS Kelas IV SD Negeri 01 Tanjung Raja.Downloads
Published
2022-10-24
How to Cite
Ramadani, D. F. ., Idris, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7272–7276. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7910
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dilla Fitria Ramadani, Muhamad Idris, Puji Ayurachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).