Analisis Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati

Authors

  • Ahmad Agung Sobari Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5407

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar siswa, kesulitan belajar ialah suatu keadaan dimana peserta didik kurang mampu menghadapi tuntutan-tuntutan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga proses dan hasil kurang memuaskan. Kesulitan belajar ini adalah kondisi peserta didik mengalami hambatan atau gangguan dalam proses pembelajaran, penyebabnya bisa berasal dari faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal meliputi: sikap siswa dalam belajar, motivasi, kesehatan tubuh, sedangkan faktor eksternal meliputi: variasi guru dalam mengajar, sarana prasarana, lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar IPA dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian hasil data yang diperoleh akan dianalisis dan dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian berupa deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati menunjukan bahwa siswa yang masih banyak menunjukan kesulitan belajar IPA. Sebagian besar siswa kelas IV yaitu 12 dari 27 siswa sudah bisa belajar IPA dengan baik, namun 15 siswa diantaranya mengalami kesulitan belajar IPA.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Sobari, A. . A., Idris, M., & Ayurachmawati, P. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1132–1136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5407