Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Kelas I SD Negeri 90 Palembang

Authors

  • Siti Nurhidayati Rahmandani Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video pembelajaran Membaca Permulaan untuk Siswa Kelas I SD Negeri 90 Palembang yang valid dan praktis. Jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah tahap pengembangan dari model ini yaitu: (1) Penelitian informasi awal, (2) melakukan perencanaan, (3) desain produk, (4) uji coba, (5) revisi produk, dan (6) implementasi produk dengan di unggah ke media sosial YouTube. Penelitian ini diuji cobakan di SD Negeri 90 Palembang kelas 1A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata persentase 87,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang telah dikembangkan valid dan praktis.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Siti Nurhidayati Rahmandani, Idris, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Kelas I SD Negeri 90 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1545–1550. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5571