Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7860Abstract
Penerapan Pendekatan Ilmiah dengan Media Video dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun siswa kelas V SD Negeri Kutolawas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V SD Negeri Kutolawas Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri dan (2) meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media video siswa kelas V SD Negeri Kutolawas Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media video adalah sebagai berikut: (a) menonton video, (b) mengajukan pertanyaan berbasis video, (c) mengumpulkan informasi berbasis video, (d) berpikir secara mendalam, dan (e) mengkomunikasikan informasi. (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri Kutolawas Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Martuti, M., Nugrahani, F. ., & Widayati, M. . (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7157–7165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7860
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Martuti, Farida Nugrahani, Mukti Widayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).