Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8012Abstract
Kualitas pendidikan erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh pendidikan itu sendiri. Dalam konteks ini, guru memegang peranan penting sebagai garda depan proses pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, motivasi siswa dan kinerja guru harus saling mendukung dan saling terkait. Siswa dan guru harus memainkan perannya masing-masing semaksimal mungkin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan strategis bagi pembaca khususnya bagi penyelenggara pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri untuk meningkatkan mutu sekolah.Downloads
Published
2022-10-27
How to Cite
Sudiyoko, P. ., Nugrahani, F. ., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8224–8239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8012
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putut Sudiyoko, Farida Nugrahani, Suwarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).