Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Video di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kabupaten Wonogiri

Authors

  • Prianto Prianto Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Beni Sudiyana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8905

Abstract

Prianto. 20B5080012. “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Video di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri” Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hambatan-hambatan, dan solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan pembelajaran menulis puisi menerapkan model Problem Based Learning dengan media video di kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kecamatan Slogohimo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus terpancang. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kecamatan Slogohimo. Data berupa kata-kata, kalimat, dan tindakan analisis hasil proses pembelajaran serta analisis dokumen. Sumber data diperoleh dari informan meliputi: kepala sekolah, guru, siswa, serta dokumen meliputi: kurikulum, silabus, prota, promes, RPP, media pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik validasi data menggunakan dua macam triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan yang disiapkan dalam penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis puisi dengan media video memuat langkah-langkah kegiatan yang tertuang dalam silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan media video bahwa guru sudah menerapkan langkah- langkah model Problem Based Learning meliputi: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman kelompok dan individu, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah; (3) Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran yakni, hambatan umum bahwa model Problem Based Learning membingungkan siswa dan terbatasnya waktu. Hambatan khusus yang berasal dari siswa bahwa siswa kesulitan menentukan pilihan kata yang tepat serta penggunaan persamaan bunyi atau rima, kemampuan awal siswa yang tidak sama, tingkat dan kecepatan berpikir, serta aspek-aspek lain yang heterogen. Hambatan khusus yang berasal dari guru bahwa kesulitan menentukan dan mencari materi yang menarik untuk disajikan dalam pembelajaran dan kesulitan dalam mengarahkan siswa bekerjasama dalam kelompok; (4) Solusi yang dilakukan guru yakni, dilakukan bimbingan dan instruksi untuk setiap langkah/sintak pelaksanaan, menyiasati, dan mengatur waktu seefektif mungkin, membimbing siswa menulis puisi, melaksanakan diskusi/sharing dengan teman/tutor sebaya, menekankan keaktifan siswa, guru meminta bantuan dari teman sejawat untuk mencari tayangan video yang menarik, dan membentuk kelompok heterogen.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Prianto, P., Widayati, M. ., & Sudiyana, B. . (2022). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Video di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4065–4088. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8905