Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7824Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, (2) untuk mengetahui pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, (3) untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama sama Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, dimana instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah diujicobakan serta memenuhi syarat uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, korelasi sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dengan taraf 5% dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, (2) terdapat pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, (3) terdapat pengaruh antara Kreativitas Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama sama Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Dolonseda, H. P. ., & Palangda, L. . (2022). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6912–6920. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7824
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Herman Philips Dolonseda, Listriyanti Palangda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).