Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7655Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa kelas X dalam melakukukan komunikasi interpersonal. Siswa terlihat malu ketika berbicara atau berpendapat serta tidak berani bertanya kepada guru apabila ada materi yang kurang dipahami saat pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi data penelitian berjumlah 214 siswa, meliputi kelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 2, kelas XI MIPA 3, kelas XI MIPA 4, kelas XI MIPA 5 dan kelas XI MIPA 6. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala kepercayaan diri dan skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil uji korelasi product moment, diperoleh nilai korelasi rhitung sebesar 0,542. Sedangkan nilai rtabel untuk jumlah sampel 45 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,294. Oleh karena itu rhitung 0,542 > rtabel 0,294, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa dapat melatih serta meningkatkan rasa percaya diri dengan baik agar kemampuan berkomunikasi interpersonal menjadi lebih baik dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Rahmawati, S. N. ., Yuliejantiningsih, Y. ., & Lestari, F. W. . (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6046–6051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7655
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Nur Rahmawati, Yovitha Yuliejantiningsih, Farikha Wahyu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).