Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang

Authors

  • Siti Nur Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Farikha Wahyu Lestari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7655

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa kelas X dalam melakukukan komunikasi interpersonal. Siswa terlihat malu ketika berbicara atau berpendapat serta tidak berani bertanya kepada guru apabila ada materi yang kurang dipahami saat pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi data penelitian berjumlah 214 siswa, meliputi kelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 2, kelas XI MIPA 3, kelas XI MIPA 4, kelas XI MIPA 5 dan kelas XI MIPA 6. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala kepercayaan diri dan skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil uji korelasi product moment, diperoleh nilai korelasi rhitung sebesar 0,542. Sedangkan nilai rtabel untuk jumlah sampel 45 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,294. Oleh karena itu rhitung 0,542 > rtabel 0,294, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa dapat melatih serta meningkatkan rasa percaya diri dengan baik agar kemampuan berkomunikasi interpersonal menjadi lebih baik dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Rahmawati, S. N. ., Yuliejantiningsih, Y. ., & Lestari, F. W. . (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6046–6051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7655