Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Pascasarjana BKI 2021-2022)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7610Abstract
Konsentrasi belajar merupakan suatu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar setiap mahasiswa yang mana konsentrasi belajar merupakan bagian dari perhatian. Perhatian mempersiapkan individu untuk menerima informasi lebih jauh atau menerima berbagai pesan dengan menggunakan musik sebagai salah satu faktor pendukung mengembalikan keadaan hati yang kurang baik atau yang biasa di kenal dengan kata mood, begitu banyak jenis musik yang dapat diputar dan dinikmati oleh pendengar, tidak terkecuali musik religi. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan melihat beberapa mahasiswa yang memiliki konsentrasi belajar sambil mendengarkan music religi dalam proses belajar dan mengerjakan tugas. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa mahasiswa memang lebih tenang dan senang mengerjakan tugas saat mendengarkan musik dengan alasan hanya suara melodi yang mereka dengar dan hanya bisa memfokuskan pada satu titik dengar. Dengan mendengarkan music religi, beberapa mahasiswa dsapat mengembalikan mood yang kurang baik menjadi lebih baik sehingga tampak lebih tenang dan damai serta bisa lebih konsentrasi.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Kartini, K., & Sa’adah, N. . (2022). Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Pascasarjana BKI 2021-2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6033–6038. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7610
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kartini, Nurus Sa’adah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).